Kamu Tahu Makna dari Kata “WANITA” ?

Sebenarnya tuntunan pada etika/sikap sudah teramat dalam nama “Wanita” yang akan dijabarkan yang mana sebagai fundamen yang tesurat dalam abjad tersebut. Ialah (W.A.N.I.T.A)

  1. Wanuh (W)

Yang dimaksud dengan kata ‘wanuh’ adalah seorang putri harus mengenal serta mengetahui secara mendetail yang menjadi kewajiban putri yang sejati di dalam melaksanakan tugas serta tanggung jawab yang dipikulnya.

  1. Agami (A)

Apabila seorang putri berpegangan kepada tonggak agama yang kuat serta menjalankan segala sesuatu yang telah diperintahkannya juga menjauhi segala yang menjadi larangan-larangannya.

Maka akan memiliki dasar-dasar iman dan tidak dapat digoda oleh rayuan-rayuan syair yang akan menyesatkan, melalui media manusia yang jahat.

  1. Nindakaken (N)

Yang diperjelas tiada lain adalah kewajiban-kewajiban yang harus dilaksanakan untuk menghiasi tindakan-tindakan seorang putri.

  • Kecantikan dalam pembicaraan, yang artinya segala ucapannya dapat membuat kedamaian serta penuh dengan kenyataan sejati.
  • Dapat mengatur serta sebagai managemen dalam ekonomi rumah tangga.
  • Dapat menyimpan sesuatu yang bermanfaat secara lahir dan secara batin.
  1. Indriya (I)

Yang dimaksud denegan istilah ‘Indriya’ adalah wanita yang mampu menjaga keharmonisan rumah tangga dari beberapa faktor yang bisa menjadikan keretakan dalam rumah tangga

  • Harus dapat menghindari isu-isu yang sifatnya menghasut dalam kerukunan dalam keluarga
  • Waspada terhadap segala aktivitas yang bersifat menipiskan kedamaian dalam keluarga
  1. Tatanan (T) kalawan, Agesang (A)

Jadi lebih jelasnya yang dimaksud dalam abjad “T & A” adalah seorang yang harus dapat mengendalikan hawa nafsu untuk menghiasi suatu kewajiban-kewajiban kemuliaan akhlaq.

Pada prinsipnya aklaq akan dibedakan menjadi 2 macam:

  • Akhlaq yang baik (akhlaq baik yang harus dianut oleh semua manusia)
  • Akhlaq yang tercela (akhlaq buruk yang harus dijauhi serta ditinggalkan oleh manusia)

Khusus yang termasuk dalam akhlaq yang baik, ialah salah satunya pengendalian hawa nafsu.

Nafsu adalah salah satu organ tubuh rohani manusia ang disamping akal. Sangat besar pengaruhnya dan sangat banyak mengeluarkan instruksi-instruksi kepada anggota badan untuk melaksanakan aktivitas yang dapat bermanfaat atau sebaliknya dapat membahayakan terhadap manusia.

Nah, itulah yang etika seorang wanita menurut orang jawa yang harus dilakukan oleh wanita. Wanita tidak hanya menjadi manusia yang lembut, namun juga menjadi wanita yang pintar, termasuk pintar dalam rumah tangga.